RSS

Menu Ati Macan Yang Spesial Punya Nih!

04 Jun

Kalau kalian sedang berkunjung ke rumah makan Sunda atau rumah makan masakan Indonesia, coba perhatikan… terkadang suka ada pembeli yang menanyakan menu ati macan. Atau kalau dalam bahasa Sundanya tuh ati maung. Tadinya Dosen Kuliner berpikir itu adalah menu dari bagian tubuh binatang buas sejenis harimau. Tapi ternyata… ati macan/ati maung merupakan istilah yang cukup sering digunakan untuk memesan ‘JENGKOL’. Tau jengkol kan…. Itu loh sejenis sayuran yang popularitasnya menyamai pete… Enak tapi bau. Bau tapi enak.

Pernah nyobain jengkol gak? Jengkol memang tidak terlalu banyak penggemarnya… yah lantaran baunya itu loh. Jengkol seringkali menurunkan martabat orang yang memakannya. Dan selalu meninggalkan bau yang khas yang sulit hilang di kamar mandi. Tapi jangan salah… buat mereka yang doyan jengkol… mereka pasti setuju bahwa jengkol itu salah satu makanan terenak di dunia. Bahkan ada penggemar jengkol yang rela menukarkan sepiring steak impor dengan beberapa butir jengkol.

Jengkol seringkali dimasak dengan cara disemur atau digoreng begitu saja. Kadang kalau jengkolnya masih muda, suka dimakan secara mentah-mentah. Atau kalau jengkolnya terlalu tua, suka dikukus terlebih dulu kemudian disajikan menggunakan parutan kelapa. Baru-baru ini Dosen Kuliner mencicipi masakan yang dibuat dari jengkol yang sedikit berbeda. Namanya Sambal Goreng Jengkol. Sesuai dengan namanya, jengkolnya digoreng terus dimasak lagi pakai bumbu sambal yang banyak. Rasanya enak banget. Sudah ati macannya empuk, ada bau-baunya, terus sambelnya itu loh yang bikin bodi serasa lagi olah raga (bikin keringetan…). Menu ati macan yang spesial ini bisa kamu coba di Rumah Makan Pandan Wangi yang berada di jalan Srimahi (kalau gak salah…) dekat jalan Mohamad Ramdan Bandung. Kalau kamu ke sana, jangan ketinggalan untuk mencoba ayam ungkepnya. Wih… enak banget!

Selamat mencoba…. Tapi ingat yah, kalau sudah makan ati macan, jangan pipis sembarangan. BAU TAU!

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: