RSS

Mie Encek: Resep Warisan Sang Legenda!

29 Apr

Di era tahun 1980an, saat Dosen Kuliner belum jadi dosen karena masih duduk di sekolah dasar, ada seorang penjual mie yang sangat terkenal di kota Bandung. Orang-orang menyebutnya mie encek, karena memang yang jualannya tuh encek-encek. Encek adalah istilah untuk kakek-kakek keturunan Tiong Hoa. Kalau Dosen Kuliner tidak salah ingat, mie encek ini berjualan di sekitar jalan Buah Batu. Namun sekarang mie yang legendaris tersebut sudah tidak ada lagi. Tapi keahlian si encek dalam membuat mie yang lezat itu konon diwarisi oleh para keturunannya. Dari gosip-gosip yang Dosen Kuliner dengar di infotainment kuliner (hehehe…. ini mah ngarang), penjual mie yang berada di jalan Karapitan (bersebelahan dengan toko Gampang Ingat) dan Mie Acay yang berada di jalan Bima (depan sekolah Bina Bakti) merupakan putra dari si encek tersebut.

Beberapa tahun belakangan ini, di jalan Guntur Bandung, ada sebuah rumah makan bernama Mie Encek. Meskipun baru berdiri tapi rumah makan ini mengaku bahwa resep membuat mienya sudah ada sejak tahun 1940an. Konon kabarnya si pemilik rumah makan Mie Encek ini telah membeli resep rahasia “Cara Membuat Mie Super Enak Yang Bisa Membuat Para Pelanggan Ketagihan Dan Akan Terus Datang Kembali” dari si encek legendaris tersebut. Dan bagi mereka yang pernah mencoba mie buatan si encek di tahun 1980an tersebut, pasti akan mengakui adanya kemiripan dengan mie yang dijual di Rumah Makan Mie Encek tersebut.

Apa sih yang enak dari rumah makan Mie Encek ini? Menurut Dosen Kuliner, menu yang paling nikmat di sini adalah yamien asinnya. Karena baso dan pangsit rebusnya tidak ada yang spesial, biasanya Dosen Kuliner hanya memesan yamien asin polos saja. Tapi tidak cukup satu porsi. Saking lezatnya, Dosen Kuliner baru merasa puas apabila telah menyantap dua porsi yamien asin polos. Dan jangan pernah ketinggalan untuk memesan jus buah naga merah yang sangat menyegarkan. Jus ini benar-benar mantap! Dosen Kuliner belum pernah menemukan jus buah naga yang seenak di rumah makan Mie Encek ini. Cuma sayangnya, harga (jus)nya cukup mahal.

Oya, sedikit informasi tambahan… Jangan harap menemukan seorang kakek tua yang sedang membuat mie di sini. Karena itu cuma merek doang. Malahan yang jualannya masih muda dan ganteng pula…

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada April 29, 2011 in Bandung, Mie, Minuman

 

One response to “Mie Encek: Resep Warisan Sang Legenda!

  1. dominikus

    Juni 25, 2011 at 10:04 am

    Halo dosen kuliner, salam kenal, saya penikmat kuliner bandung, terima kasih atas postingannya selama ini, inspiratif banget🙂

    Salah satu favorit saya banget ni mie encek, hehe, menambahi aja, kalau ke sana jangan lupa pesan baso goreng nya yang ultimate itu, kalau menurutku si rasanya bikin nagih banget, hehe.😀

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: